Senin, 23 Januari 2017

Liburan Ke Aceh, Ini Tempat Wisata Yang Bisa Kamu Jelajahi!



Setelah bangkit dari musibah Tsunami pada tahun 2004 lalu, Aceh mulai membenah diri dalam segala hal termasuk pula tempat wisatanya. Keindahan dan keberagaman wisata yang ada di Aceh cukup banyak untuk dapat kamu eksplor lebih jauh. Sebut saja wisata alam, peninggalan sejarah hingga budaya yang ada di Aceh bisa menjadi acuan untuk kamu yang ingin menikmati Aceh saat liburan nanti. Inilah tempat wisata yang bisa kamu kunjungi dan jelajahi di Aceh :

1. Masjid Raya Baiturrahman


Masjid Raya Baiturrahman (images : anekatempatwisata.com)
Karena mayoritas penduduk Aceh yang beragama Islam, gak heran kalo Masjid Raya Baiturrahman yang luar biasa megah ini dijadikan sebagai landmark-nya Aceh. Bangunan masjid berwarna putih ini memiliki kubah hitam besar yang dikelilingi oleh tujuh menara. Kemegahannya semakin terasa dengan adanya kolam besar serta pancuran air di halaman masjid yang sekilas mirip dengan salah satu bangunan keajaiban dunia yaitu Taj Mahal di India. Setelah puas berkeliling masjid, kamu bisa pergi ke Pasar Aceh yang letaknya berada di belakang masjid. Di sana kamu bisa berwisata kuliner dan membeli beragam souvenir khas Aceh.

2. Pantai Iboih


Pantai Iboih (images : pedomanwisata.com)
Terletak di sebelah barat Pulau Weh, salah satu pantai cantik yang ada di kawasan ini adalah Pantai Iboih. Sebenarnya pantai ini merupakan pelabuhan yang digunakan untuk menuju ke Pulau Rubiah. Meskipun merupakan sebuah pelabuhan, namun keindahan Pantai Iboih tidak perlu diragukan lagi. Di pantai ini kamu bisa menikmati pasir putih, air jernih yang berwarna hijau toska kebiruan dan suasana tenang tentunya akan melengkapi liburanmu. Karena air lautnya yang jernih, keindahan bawah laut bisa kamu nikmati tanpa perlu berenang lho. Apalagi kalau kamu melakukan snorkeling atau diving, kamu akan melihat keindahan bawah laut secara nyata dan pastinya membuatmu semakin terkesima.

3. Rumah Cut Nyak Dien


Rumah Cut Nyak Dien (images : 1001wisata.com)
Siapa yang tidak mengenal pahlawan wanita yang satu ini. Cut Nyak Dien adalah pahlawan wanita Indonesia yang mendapat julukan Srikandi Indonesia. Dulunya rumah ini dijadikan sebagai tempat berlindung untuk menyusun taktik perang pada zaman penjajahan Belanda. Walaupun hanya replika karena bangunan aslinya terbakar di tahun 1896, tetapi ada beberapa bangunan yang masih dalam bentuk asli seperti sumur tinggi yang mencapai lantai dua. Tidak hanya itu saja, bangunan ini juga pernah dijadikan warga Aceh untuk berlindung saat musibah Tsunami tahun 2004.

4. Museum Tsunami


Museum Tsunami (iamges : abouturban.com)
Untuk mengenang dan menghormati korban yang meninggal dalam musibah Tsunami yang terjadi pada 2004 silam, pemerintah di Aceh membangun sebuah museum yang bernama Museum Tsunami. Museum ini berisi benda-benda yang tertinggal dari bencana Tsunami. Selain itu, ada juga lorong dengan backsound suara gemuruh ombak serta kucuran air di sepanjang lorong yang mengingatkan pada bencana besar tersebut. Gambar korban meninggal, cerita pengakuan korban selamat dan alat simulasi eletronik gempa bumi juga bisa kamu lihat di sini.

5. Pantai Lhoknga


Pantai Lhoknga (images : acehraya.co.id)
Salah satu pantai yang selalu ramai dikunjungi saat liburan di Aceh adalah Pantai Lhoknga. Buat kamu yang mencintai wisata bahari dan juga olahraga surfing, maka pantai inilah yang akan mengakomodir kepuasan liburanmu. Pantai Lhoknga sudah dikenal hingga kalangan komunitas selancat internasional dengan pantai yang memiliki ombak besar. Setelah mencoba surfingmenjelang malam di pantai ini kamu bisa nikmati keindahan sunset sambil menikmati jagung bakar.

Sumber : berwisatapintar.tk 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar