Minggu, 22 Januari 2017

Bergeser Sedikit Dari Hutan Pinus Mangunan, Temukan Keindahan Wisata Lain Disekitarnya!



Kawasan Hutan Pinus Mangunan berada di dataran tinggi yang saat ini menjadi wisata favorit para wisatawan di Yogyakarta. Selain memiliki pemandangan indah, Hutan Pinus Mangunan juga memiliki udara yang sejuk. Di tempat ini pula terdapat beberapa spot yang membuatmu bisa melihat kota Yogyakarta dan Geopark Gunung Sewu yang membentang hijau. Karena berada di kawasan yang sangat luas dan terbagi menjadi beberapa bagian, Hutan Pinus Mangunan memiliki beberapa tempat yang sudah dikembangkan menjadi destinasi wisata. Jadi selain Hutan Pinus Mangunan, kamu bisa mengunjungi wisata lainnya seperti tempat-tempat berikut ini :

1. Puncak Becici


Puncak Becici (images : mandrapahlawa.blogspot.com)
Dengan fasilitas sederhana yang dibangun oleh masyarakat yang tinggal disekitarnya, Puncak Becici bisa kamu akses sekitar 15 menit berkendara dari Hutan Pinus Mangunan. Puncak Becici merupakan bagian dari RPH (Resort Pengelolaan Hutan) yang menjadi wilayah kerja Dishutbun Provinsi Yogyakarta. Dari kawasan Puncak Becici kamu bisa melihat pemandangan hijau yang luas, aroma khas hutan pinus yang tentunya akan menyejukkan pikiran dan juga mata yang memandang alam disekitarnya. Tempat ini banyak dikunjungi karena memiliki spot menarik untuk menikmati saatnya matahari yang akan terbenam.
Lokasi : Dusun Gunung Cilik, Desa Muntuk, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul

2. Bukit Panguk


Bukit Punguk (images : @khalpong via yopiknik.com)
Kawasan Hutan Pinus Mangunan memang didominasi oleh wisata perbukitan yang memiliki pesona alam yang indah. Setelah Puncak Becici, mendatangi Bukit Panguk merupakan pilihan yang tepat jika kamu masih tertarik dengan nuansa alam perbukitan yang dapat menghipnotis siapapun yang menginjakkan kaki di tempat ini. Dari Bukit Panguk kamu bisa melihat hijaunya Geopark Gunung Sewu yang seolah dibelah oleh aliran Sungai Oya yang berwarna toska. Waktu yang tepat mengunjungi Bukit Panguk adalah saat matahari akan memancarkan sinarnya yang hangat di pagi hari, karena pada saat itulah kamu bisa menikmati pemandangan alam yang dramatis dengan kabut yang menyelimuti sebagian Geopark Gunung Sewu.
Lokasi : Kediwung, Mangunan, Dlingo, Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

3. Hutan Pinus Pengger


Hutan Pinus Pengger (images : @dolanjogja via wartawan.top)
Walaupun belum terkenal seperti Hutan Pinus Mangunan, tapi Hutan Pinus Pengger juga memiliki fasilitas lengkap seperti beberapa gazebo, ayunan, warung, mushola, toilet serta tempat duduk yang terbuat dari pohon pinus yang sudah mati. Selain itu, kalau kamu ingin mengadakan kegiatan khusus seperti acara sekolah, kampus ataupun outing kantor bisa juga lho karena pihak pengelola sudah menyediakan pendopo yang bisa digunakan. Tidak jauh dari pendopo, kamu bisa menemukan spot menarik dengan pemandangan yang tidak biasa khususnya pada malam hari dengan pemandangan kota yang gemerlap dengan lampu-lampu kota. 
Lokasi : Terong, Dlingo, bantul, Yogyakarta


Sumber : forum.detik.com
Image : piknikasik.com 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar