Senin, 22 Mei 2017

Di Habitat Aslinya Yuk Lihat Langsung Hiu Paus, Dugong Sampai Pesut. Ini Lokasinya!



Terkenal sebagai negara maritim dengan luas wilayahnya dua per tiga lautan, tidak heran jika Indonesia memiliki wisata bahari yang keindahannya memang patut diacungi jempol. Selain surganya taman bawah laut, kamu juga bisa menyaksikan mamalia laut langka, seperti hiu paus, lumba-lumba dugong dan pesut di habitat aslinya. Biar tidak salah lokasi, ini lokasi yang bisa didatangi untuk melihat secara langsung mamalia air tersebut :

1. Kawanan Lumba-lumba di Teluk Kiluan Lampung dan Pantai Lovina Bali

Teluk Kiluan Lampung (images : idtempatwisata.com)
Mamalia lucu yang berenang dengan cara berkelompok ini bisa kamu saksikan di ujung Pulau Sumatera, yaitu di Teluk Kiluan, Lampung. Lokasi ini merupakan lokasi terdekat dari Jakarta untuk melihat lumba-lumba yang hidup di habitatnya. Selain Teluk Kiluan, kamu juga bisa menyaksikan lumba-lumba di Pantai Lovina, Bali. Waktu terbaik untuk melihat lumba-lumba di Pantai Lovina adalah diluar high season yaitu antara bulan Mei hingga Juli. 

2. Hiu Paus di Botubarani Gorontalo dan Teluk Cenderawasih Papua


Hiu Paus di Teluk Cendrawasih (images : ketahui.com)
Walaupun keberadaan Hiu Paus sempat hilang dari Pantai Botubarani, tapi kini mamalia besar tersebut sudah kembali. Agar hiu paus tidak hilang dari Pantai Botubarani pengelola pariwisata tidak memperbolehkan wisatawan yang datang untuk berenang apalagi memegang Hiu Paus dan pengelola pariwisata juga melarang perahu motor beroperasi agar baling-baling perahu tidak melukai mamalia air ini. Lokasi favorit kedua untuk melihat Hiu Paus lebih dekat adalah di Teluk Cenderawasih, Papua. Di sini kamu bisa mendapatkan pengalaman baru, karena kamu bisa ikut paket live on board atau menginap di kapal dan menyelam bersama ikan hiu paus yang banyak ditawarkan oleh travel agent di sana. Seru kan!


3. Dugong Langka di Pantai Mali, Alor, NTT

Dugong (images : goodnewsfromindonesia.id)
Salah satu hewan langka seperti Dugong juga bisa kamu saksikan di habitat aslinya di Indonesia, tepatnya di Pantai Mali, Alor, NTT. Agar Dugong tidak merasa terganggu atau terluka, selama wisata kamu akan ditemani oleh Onesimus Laa yang menjadi pawang sekaligus sahabat dari dua dugong. Onesimus sangat memperhatikan proses wisata mengamati dugong sesuai panduan yang ditetapkan oleh WWF Indonesia.

4. Pesut Mahakam di Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur

Pesut Mahakam (images : klikpenajam.com)
Pesut Mahakam hidup di air tawar berbeda dengan mamalia air lainnya yang hidup di air laut. Pesut Mahakam juga termasuk mamalia yang keberadaannya terancam punah. Kalau di lihat dari bentuknya, Pesut Mahakam mirip seperti lumba-lumba, namun tidak memiliki hidung panjang. Mamalia langka ini bisa kamu saksikan di Sungai Mahakam, Kota Bangun, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Sumber : Travel Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar