Senin, 17 April 2017

Yuk, Lihat Ritual Populer Dengan Pertunjukan Balap Kerbau Saat Festival Panen Padi di Bali




Bali terkenal dengan banyaknya kebiasaan adat istiadat dan juga budaya yang unik, sehingga sering sekali kegiatan ini menjadi daya tarik untuk para wisatawan yang akan berkunjung ke Pulau Dewata. Berbagai festival sering diadakan di Bali, salah satunya adalah Festival Panen Padi yang akan dilaksanakan pada 1 Mei – 30 Juni 2017 di kawasan Jembrana.

Festival Panen Padi merupakan sebuah penghormatan untuk sang Dewi Padi yang menurut masyarakat Bali disebut sebagai simbol dewi kesuburan dan dikenal dengan nama Dewi Sri. Sebelum festival ini digelar, biasanya masyarakat Bali akan menghias desa dengan berbagai hiasan unik dan tradisional. Contohnya seperti bendera, kuil kecil yang dibuat dari bambu dan diletakkan di sudut sawah yang paling suci, lalu ada pula boneka kecil yang mewakili batang padi Dewi Sri yang ditempatkan untuk semua persembahan. Setelah semua padi sukses dipanen, kini saatnya masyarakat Bali yang berada di kawasan Jembrana mengadakan berbagai pertunjukkan sebagai ungkapan rasa terima kasih kepada penguasa alam.  


images : bali.panduanwisata.id
Salah satu pertunjukkan yang paling ditunggu-tunggu oleh warga maupun turis yang datang saat penyelenggaraan Festival Panen Padi adalah balap kerbau atau sering disebut dengan Makepung. Pertunjukkan ini merupakan campuran dari budaya Madura yang biasa diadakan setelah warga setempat berhasil panen padi di Jembrana. Semua warga ataupun turis akan disuguhkan dengan perlombaan adu cepat lari kerbau yang ditunggangi oleh para pemiliknya. Agar makin unik dan meriah, biasanya pemilik kerbau akan mempercantik kerbau-kerbau yang dimiliki dengan memberikan hiasan di bagian kepala kerbau, tanduk kerbau dan kereta yang dinaiki pemiliknya.

Sumber : rameramebali.com, onewebid.blogspot.co.id, trivia.id
Image : bali.panduanwisata.id 

2 komentar:

  1. Assalamualaikum wr.wb mohon maaf kepada teman teman jika postingan saya mengganggu anda namun apa yang saya tulis ini adalah kisah nyata dari saya dan kini saya sangat berterimah kasih banyak kepada Mbah Rawa Gumpala atas bantuan pesugihan putihnya tampa tumbal yang sebesar 15m kini kehidupa saya bersama keluarga sudah sangat jauh lebih baik dari sebelumnya,,saya sekaran bisa menjalanka usaha saya lagi seperti dahulu dan mudah mudahan usaha saya ini bisa sukses kembali dan bermanfaat juga bagi orang lain,,ini semua berkat bantuan Mbah Rawa Gumpala dan ucapa beliau tidak bisa diragukan lagi,bagi teman teman yang ingin dibantuh seperti saya dengan pesugihan putih bisa anda hubungi di no 085 316 106 111 jangan anda ragu untuk menghubuni beliau karna saya sudah membuktikannya sendiri,karna Mbah tidak sama seperti dukun yang lain yang menghabiskan uang saja dan tidak ada bukti sedankan kalau beliau semuanya terbukti nyata dan sangat dipercay,,ini unkapan kisah nyata dari saya pak Rudi di semarang.Untuk lebih lenkapnya silahkan buka blok Mbah di šŸ£PESUGIHAN PUTIH TANPA TUMBALšŸ£

    BalasHapus
  2. keren pertunjukan balap kerbaunya.. salam kota ikan

    BalasHapus