Rabu, 26 April 2017

Kemeriahan Saling Beradu Para Pendayung Perahu Naga di Festival Dragon Boat di Hong Kong




Hong Kong merupakan salah satu negara di Asia yang banyak dilirik oleh para wisatawan dari seluruh dunia. Keberagaman wisata dan budaya yang dimiliki tentunya menjadi salah satu daya tariknya. Selain itu, banyaknya festival yang diadakan di negara ini juga menarik perhatian wisatawan baik masyarakat lokal sampai mancanegara. Seperti Festival Dragon Boat yang akan diselenggarakan pada tanggal 30 Mei 2017. Festival Dragon Boat termasuk salah satu dari banyaknya festival yang banyak diminati, terbukti dengan banyaknya jumlah pengunjung hingga 300.000 pada tahun sebelumnya. Oleh karena itulah, Festival Dragon Boat termasuk festival terbesar di dunia tiap tahunnya.

Hong Kong Boat Festival (images : pinterest)
Sedikit sejarah tentang Festival Dragon Boat, singkat cerita pada zaman dahulu terdapat seorang pejabat yang bernama Qu Yuan yang kecewa dengan pemerintah negaranya, kemudian beliau protes dengan cara menenggelamkan dirinya ke sungai. Warga bergegas untuk menyelamatkan Qu Yuan dengan menaiki perahu dan terus mendayung sambil memukul gendang untuk menakuti sesuatu yang membahayakan Qu Yuan. Namun sayangnya, usaha penyelamatan tersebut gagal dilakukan oleh warga sekitar. Sebagai penghormatan, warga setempat membawa persembahan dengan menggunakan perahu dan akhirnya hingga kini menjadi ajang tahunan sebuah kompetisi yang sangat meriah di Hong Kong.

Dalam Festival Dragon Boat tidak sedikit peserta yang ikut karena ada sekitar ratusan tim Internasional dan warga Hong Kong sendiri siap berlomba untuk menjadi juara. Semua peserta telah menyiapkan perahu naga andalan mereka dengan warna dan ukiran unik, seperti dekorasi kepala naga dibagian depan perahu. Para pendayung dan pemukul gendang/gong menggunakan pakaian yang seragam agar terlihat senada dengan perahu naga yang mereka naiki. Pemukul gendang/gong akan terus membunyikannya untuk memberikan semangat para pendayung hingga garis finish.

Kalau kamu ingin menyaksikan festival ini, datang saja dalam Kejuaraan Stanley International Dragon Boat yang berlokasi di Stanley Main Beach pada Mei hingga Juni. Sedangkan untuk Karnaval Dragon Boat atau Hong Kong International Dragon Race berlokasi di Victoria Harbour akan dilaksanakan selama 3 hari di bulan Juni atau Juli. Nikmati kemeriahan pukulan drum dan ketegangan saat perlombaan sambil menyantap kuliner seperti bakpau beras dari bangku penonton.

Sumber : hong-kong-traveller.com
Images : squline.com 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar