Rabu, 12 April 2017

Sejuknya Wisata Air Terjun di Indonesia Temukan Keindahannya Dari Sumatera Hingga Lombok




Kekayaan alam Indonesia memang tiada duanya, buktinya di negara tercinta kita ini kamu bisa menemukan berbagai macam destinasi alam seperti pantai, gurun, pegunungan dan juga air terjun. Berbicara soal air terjun, Indonesia juga memiliki air terjun dengan keindahannya yang menakjubkan lho seperti air terjun di beberapa daerah berikut ini :

1. Air Terjun Dua Warna, Sumatera Utara


Air Terjun Dua Warna Sibolangit (images tongkrongin.com)
Dari namanya saja pasti kamu sudah mengira kalau air terjun ini memiliki dua warna. Memang benar travelers, air terjun ini memiliki gradasi dua warna berbeda yaitu biru muda dan putih keabu-abuan. Perbedaan ini dikarenakan karena adanya kandungan fosfor dan belerang yang terdapat di dalam air. Air terjun ini berada di ketinggian 1.270 mdpl (meter di atas permukaan laut) yang berasal dari Gunung Sibayak. Selain menikmati indahnya Air Terjun Dua Warna, kamu juga bisa berenang, bermain air dan berkemah di sekitar air terjun tersebut. Walaupun harus melewati hutan selama kurang lebih 2 – 3 jam, semua akan terbayar dengan indahnya air terjun dua warna dengan suasananya yang sejuk. Namun perlu diingat, air terjun ini tidak untuk dikonsumsi sebagai air minum ya.
Lokasi : Desa Durin Sirugun, Kec. Sibolangit, Kab. Deli Serdang, Sumatera Utara.

2. Air Terjun Saluopa, Sulawesi Tengah


Air Terjun Saluopa (images kompasiana)
Air terjun di Indonesia selanjutnya yang terkenal hingga mancanegara adalah Air Terjun Saluopa di Sulawesi Tengah. Dari ketinggian 25 meter air terjun ini mangalir ke batu-batu yang membentuk seperti undak-undakan yang indah. Batu undakan ini juga menjadi akses untukmu menuju air terjun yang berada di tingkatan yang lebih tinggi. Karena dikelilingi hutan tropis yang sejuk, tidak heran jika beragam fauna tumbuh di sini.
Lokasi : Desa Leboni, Kec. Pamona Pusalemba, Kab. Poso, Sulawesi Tengah.

3. Air Terjun Sendang Gile, Lombok


Air Terjun Sendang Gile (images id.lombokindonesia.org)
Selanjutnya ada Air Terjun Sendang Gile di Lombok yang masih berada di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani. Berada di ketinggian 600 mdpl (meter di atas permukaan laut) dengan tinggi air terjun kurang lebih 31 meter, Air Terjun Sendang Gile memiliki dua tingkatan. Tingkatan pertama air terjun langsung jatuh ke dasar kolam, sedangkan dari tingkatan yang kedua air meluncur di sisi tebing seperti tirai yang indah hingga jatuh ke dasar kolam. Sebelum sampai ke tempat indah ini, kamu harus melewati sekitar dua ratus anak tangga pada ketinggian 40 meter dan melewati sebuah jembatan berlubang yang melalui sebuah lembah. Semua kelelahan akan terbayarkan dengan suasana Air Terjun Sendang Gile yang memesona.
Lokasi : Desa Senaru, Kec. Bayan, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

4. Air Terjun Madakaripura, Jawa Timur


Air Terjun Madakaripura (images initempatwisata.com)
Satu lagi air terjun yang masuk ke dalam kawasan taman nasional, yaitu Air Terjun Madakaripura yang berada dalam kawasan Taman Nasional Gunung Bromo Tengger Semeru. Berada di ketinggian 620 mdpl (meter di atas permukaan laut) dan berbentuk curuk yang dikelilingi bukit, air terjun ini berbeda dari air terjun lainnya. Air terjun ini mengalir pada seluruh bidang tebingnya, tiga diantaranya mengucur deras sehingga dapat membentuk air terjun lagi. Karena jalur yang ditempuh cukup licin dan terjal, disarankan untuk menggunakan sandal atau sepatu gunung jika berkunjung ke tempat ini ya travelers.
Lokasi : Desa Sapih, Kecamatan Lumbang, Probolinggo

Sumber : wisatadua.com
Images : catatanhisoka.com 

1 komentar:

  1. Assalamualaikum wr.wb mohon maaf kepada teman teman jika postingan saya mengganggu anda namun apa yang saya tulis ini adalah kisah nyata dari saya dan kini saya sangat berterimah kasih banyak kepada Mbah Rawa Gumpala atas bantuan pesugihan putihnya tampa tumbal yang sebesar 15m kini kehidupa saya bersama keluarga sudah sangat jauh lebih baik dari sebelumnya,,saya sekaran bisa menjalanka usaha saya lagi seperti dahulu dan mudah mudahan usaha saya ini bisa sukses kembali dan bermanfaat juga bagi orang lain,,ini semua berkat bantuan Mbah Rawa Gumpala dan ucapa beliau tidak bisa diragukan lagi,bagi teman teman yang ingin dibantuh seperti saya dengan pesugihan putih bisa anda hubungi di no 085 316 106 111 jangan anda ragu untuk menghubuni beliau karna saya sudah membuktikannya sendiri,karna Mbah tidak sama seperti dukun yang lain yang menghabiskan uang saja dan tidak ada bukti sedankan kalau beliau semuanya terbukti nyata dan sangat dipercay,,ini unkapan kisah nyata dari saya pak Rudi di semarang.Untuk lebih lenkapnya silahkan buka blok Mbah di šŸ£PESUGIHAN PUTIH TANPA TUMBALšŸ£

    BalasHapus